BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 4 No. 2 (2024)

PENGEMBANGAN MODUL AJAR IPA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL MATERI HAKIKAT ILMU SAINS DAN METODE ILMIAH SMP KELAS VII

Ningsih, Surya (Unknown)
Rimbawati, Nuri (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan modul dengan pendekatan kontekstual pada materi hakikat ilmu sains dan metode ilmiah SMP kelas VI. Melihat dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti selama melakukan praktik mengajar di lapangan bahwa pembelajaran IPA terutama keterampilan membaca masing sangat rendah, hal ini dikarenakan buku pegangan peserta didik masih tercakup materi yang bersifat komplek akibatnya peserta didik masih kesulitan dalam memahami pembelajaran. Adapun tujuan untuk dari penelitian ini untuk mengetahui kelayakan modul ditinjau dari segi materi dan media Penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE meliputi lima pokok tahapan yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). Pada penelitian ini hanya sampai pada tahap development (validasi modul leh ahli materi dan ahli media). Instrumen yang digunakan yaitu angket validasi untuk ahli materi dan ahli media,. Berdasarkan pada skala lima dan yang digunakan untuk analisis data instrumen penilaian menggunakan range kisaran angka < 1,8 — > 4,2. Kualitas modul dilihat dari aspek kelayakan materi yaitu yaitu 4,6 dan kelayakan dari ahli media yaitu 4,4 yang keduanya termasuk dalam klasifikasi sangat baikdalam satu paragraf antara 100-150 kata dan memberikan ikhtisar tentang studi atau penelitian yang dilakukan. Abstrak berisi komponen-komponen berikut: 1) latar belakang: jelaskan secara singkat motivasi dan signifikansi (arti penting) penelitian; posisikan pertanyaan penelitian dalam konteks yang luas dan tampilkan tujuan penelitian; 2) metode: jelaskan secara singkat metode yang diterapkan untuk mencapai tujuan; 3) hasil: ringkas temuan utama penelitian dalam artikel; dan 4) kesimpulan: sampaikan kesimpulan atau interpretasi utama dari hasil penelitian.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...