BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 4 No. 2 (2024)

LITERATURE RIVIEW: VALIDITAS PENGEMBANGAN LKPD DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA/MA

Anisha, Reysha Fadzilah (Unknown)
Helendra, Helendra (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2024

Abstract

Belajar merupakan suatu proses yang melibatkan perubahan tingkah laku dan reaksi seseorang terhadap lingkungan. Perubahan tersebut tidak dapat disebut belajar kecuali disebabkan oleh situasi yang muncul dan mengakibatkan menurunnya pengetahuan, pengendalian diri, dan kepekaan. Peran dari media pembelajaran juga sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran bisa berbagai pihak, tidak hanya melibatkan tenaga pendidik dan peserta didik. Media pendidikan berfungsi sebagai alat bantu pengajaran, menggambarkan pelajaran yang disampaikan oleh instruktur. LKPD dapat digunakan guru untuk meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran sehingga membantu peserta didik belajar secara terarah dalam penemuan. Peranan LKPD sangat penting dalam kegiatan pembelajaran, maka diperlukan LKPD agar peserta didik berperan langsung dalam kegiatan belajar sehingga dapat melatihkan keterampilan proses belajar. Salah satu bahan ajar mandiri bagi peserta didik yang disusun secara sistematis dan menarik. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada literature review ini dilakukan dengan cara mengumpulkan artikel sejenis yang sudah terpublikasi di jurnal online melalui Google Scholar. Berdasarkan analisis uji validitas LKPD, ditemukan bahwa rata-rata nilai validitas bahan ajar LKPD secara keseluruhan adalah 92,81% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil literature review dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD dalam pembelajaran biologi SMA sudah memenuhi kategori sangat valid dari aspek isi, bahasa, penyajian dan kegrafikan sehingga LKPD ini dapat digunakan oleh guru dan peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...