PT Finaccel Finance Indonesia adalah salah satu Perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan dana instan. Untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen, PT. Finaccel Finance Indonesia menyediakan Customer Service sebagai wadah untuk menampung berbagai penanganan keluhan yang diberikan oleh konsumen. Berdasarkan sistem berjalan diperoleh hasil bahwa pada sistem masih terdapat beberapa kekurangan yang semuanya masih dilakukan secara manual sehingga perlu adanya sistem baru yang lebih akurat yaitu sistem informasi keluhan konsumen berbasis web yang menggunakan pemrograman PHP dan pembuatan database dengan MySQL. Dari proses tersebut dihasilkan sebuah sistem keluhan konsumen berbasis web yang dapat mengurangi terjadinya ketidakefektifan dan ketidakefisienan dalam penyampaian keluhan, penampungan keluhan, pengolahan data keluhan, pengambilan keputusan, sampai dengan penyusunan laporan keluhan, yang semuanya digambarkan secara jelas melalui Unified Modeling Language (UML). Hasil penelitian ini meliputi perancangan dan pengembangan prototipe sistem yang diuji menggunakan metode Blackbox Testing, dengan hasil yang valid, sehingga dalam seluruh proses penanganan keluhan termonitoring dengan baik.
Copyrights © 2025