Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik
Vol. 1 No. 7 (2024): Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik

ANALISIS KONTEN BAGAIMANA BERITA VIRAL DI “X” MENGGIRING OPINI PUBLIK PADA MAHASISWA JURNALISTIK: STUDI KASUS GUS MIFTAH

Rudhani, Goenersya Haidar (Unknown)
Septika , Ghina (Unknown)
Hasibuan , Dini Amalia (Unknown)
Chairina, Chairina (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Konten Bagaimana Berita Viral di “X” Menggiring Opini Publik Pada Mahasiswa Jurnalistik: Studi Kasus Gus Miftah” (Studi Deskriptif Kualitatif Motif Penggunaan Sosial Media “X” Dalam Mencari Sumber Berita Gus Miftah Pada Mahasiswa/I Jurnalistik Uin Sumatera Utara). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media sosial “X” yang memuat berita viral mengenai Gus Miftah pada kalangan mahasiswa Jurnalistik di UIN Sunatera Utara dan untuk mendeskripsikan kebutuhan berita viral mahasiswa/I dalam mengakses berita tersebut. Paradigma penelitian adalah konstruktivisme. Teori yang digunakan adalah teori komunikasi, new media, teori kebutuhan, teori uses and gratifications, dan jejaring sosial. Metode penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah dua orang mahasiswa/I UIN Sumatera Utara yang mengikuti kasus Gus Miftah di Twitter (X) dan tiga opini publik dari netizen mengenai kasus Gus Miftah. Teknik analisis data dalam penelitian ini menunjukkan berita Gus Miftah yang viral di “X” sehingga menggiring opini publik ke persepsi negative dengan konten yang banyak diunggah khalayak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

retorika

Publisher

Subject

Humanities Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Komunitas Meneliti dan Menulis (Kolibi). Jurnal nasional ini bertujuan untuk mendiseminasikan penelitian ilmu komunikasi di berbagai bidang antara lain Komunikasi Politik, Komunikasi Bisnis, ...