Selama dan Pasca pandemic Covid-19, Webinar atau Seminar berbasis Web menjadi trending. Namun, belum banyak dilakukan penelitian yang menganalisis bagaimana pelaksanaan webinar sebagai upaya meningkatkan prestasi akademik mahasiswa. Pendekatan Penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dengan teknik pengumpulan data penyebaran angket dan wawancara semi terstruktur. Hasil Penelitian ini memaparkan hasil webinar yang diikuti oleh mahasiswa seluruh Indonesiauntuk membahas motivasi dan peningkatan kinerja dengan perwakilan dari masing-masing pulau. Hasil analisis menunjukkan bahwa 54,20% peserta mengikuti webinar sebanyak 3-4 kali dalam seminggu, hal ini menunjukkan tingginya antusiasme terhadap kegiatan ini. Informasi mengenai webinar sebagian besar diperoleh melalui WhatsApp (67,50%), yang menunjukkan efektivitas media sosial sebagai sarana informasi. Motivasi mengikuti webinar beragam, mulai dari mendapatkan wawasan hingga termotivasi untuk tampil. Singkatnya, webinar dapat menjadi elemen penting dalam meningkatkan kinerja mahasiswa, membangun keterampilan dan pengetahuan, serta mendukung pertumbuhan akademik dan non-akademik. Faktor-faktor seperti paparan terhadap mahasiswa yang berprestasi, partisipasi dalam webinar, dan dukungan orang tua diidentifikasi sebagai faktor yang saling memperkuat dalam membantu mahasiswa mencapai nilai yang lebih tinggi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024