Aulad : Journal on Early Childhood
Vol. 7 No. 3 (2024): September-December 2024

Studi Literatur : Implementasi Experiential Learning Terhadap Kemampuan 4C Anak Usia Dini

Suryaningsih, Ni Made Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2024

Abstract

Kemampuan 4C (Critical thinking, Communication, Collaboration, Creativity) sangat esensial untuk mendukung perkembangan anak di masa depan. Pembelajaran yang melibatkan pengalaman langsung dapat membantu membangun keterampilan tersebut, sehingga meningkatkan kesiapan anak dalam menghadapi tantangan di dunia yang terus berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran eksperiensial terhadap kemampuan 4C anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur, yakni dengan mengumpulkan dan mengkaji berbagai sumber yang relevan tentang pembelajaran eksperiensial. Data dianalisis melalui peninjauan dan evaluasi kritis terhadap literatur yang dikumpulkan, fokus pada konsep, praktik, dan hasil penerapan pembelajaran eksperiensial yang terkait dengan topik. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran yang melibatkan pengalaman langsung dapat meningkatkan keterampilan 4C anak. Penelitian ini mengidentifikasi strategi yang dapat diterapkan dalam pendidikan anak usia dini untuk mendukung pengembangan kemampuan ini. Implikasi penelitian ini menekankan pentingnya penerapan metode pembelajaran yang aktif dan partisipatif untuk memfasilitasi perkembangan keterampilan abad ke-21 pada anak-anak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

aulad

Publisher

Subject

Education Public Health Social Sciences

Description

Aulad : Journal on Early Childhood is a periodically scientific journal published by Program Studi PG-PAUD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau, Indonesia. The journal focuses its scope on the issues on Early Childhood. We invite scientists, scholars, researchers, as well as profesionnals to ...