Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana dampak interaksi sosial pada perilaku agresif anak usia dini usia 4-5 tahun. Untuk menghindari kesimpangsiuran dan tumpang tindih, masalah penelitian indentifikasi. Masalah yang ditemukan adalah dampak interaksi sosial yang mempengaruhi anak melakukan perilaku agresif, penanganan guru terhadap perilaku agresif. Metode kualitatif fenomenologis digunakan dalam penelitian ini. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumetasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak interaksi sosial terhadap perilaku agresif di RA Miftahul Akhlaqiyah sebanyak 44% meliputi memukul, menendang, dan berteriak sebagai akibat dari interaksi sosial teman sebaya. Penelitian ini menunjukkan bahwa anak sangat terpengaruh perilaku agresif temannya. Dengan demikian implikasi dari penelitian ini adalah mengharuskan adanya antisipasi yang lebih tegas dari para guru dalam mendampingi siswa agar perilaku agresif anak dapat tersalurkan ke hal-hal positif dan mencegak dampak negatifnya.
Copyrights © 2024