Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemikiran KH. Ahmad Dahlan tentang anak usia dini serta relevansinya dalam pengembangan kurikulum pendidikan holistik yang menekankan pada keseimbangan pertumbuhan antara kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritualitas. Usia dini merupakan fase kritis dalam pembentukan karakter, moralitas, dan spiritualitas individu. Dalam perspektif Islam, pendidikan anak usia dini ditinjau sebagai fase yang krusial untuk mengintegrasikan kecerdasan intelektual dengan nilai-nilai spiritual dan moralitas. Pemikiran KH. Ahmad Dahlan yang menekankan keseimbangan antara ilmu pengetahuan dan akhlak, menjadi landasan utama dalam penelitian ini. Pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode kajian pustaka digunakan. Data diperoleh dari sumber primer meliputi karya-karya KH. Ahmad Dahlan, serta sumber sekunder berupa jurnal, artikel, dan literatur terkait. Teknik analisis data menggunakan analisis konten untuk mengidentifikasi tema utama dan konsep-konsep kunci dalam literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemikiran KH. Ahmad Dahlan relevan dalam pengembangan pendidikan anak usia dini, terutama dalam menanamkan nilai-nilai spiritualitas yang kuat sebagai fondasi pembentukan karakter anak. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi implementasi pendidikan holistik berbasis Islam yang mengintegrasikan aspek intelektual, moral, dan spiritual pada anak usia dini.
Copyrights © 2024