Aulad : Journal on Early Childhood
Vol. 7 No. 3 (2024): September-December 2024

Pengembangan Program Ekoliterasi Berbasis STEAM untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Budaya Anak Usia 5-6 Tahun di Pesisir Pantai Kebumen

Isnaningsih, Anti (Unknown)
Koesmadi, Dita Primashanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2024

Abstract

Anak usia dini sebagai generasi penerus memiliki peran yang penting dalam pengembangan literasi budaya. Melalui pengembagan literasi budaya berbasis STEAM, anak dapat menjaga serta melestarikan litrasi budaya berupa makanan khas daerah pesisir kebumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan program ekoliterasi STEAM yang disesuaikan untuk anak usia dini untuk membuat makanan khas daerah dari sumber daya lingkungan setempat anak. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dengan validasi ahli dan uji efektivitas prettest-posttest. Objek penelitian didilaksanaka pada 8 lembaga  satuan pendidikan PAUD dan 80 anak. Teknik pengumpulan data dibagi menjadi dua yaitu kelayakan produk buku panduan program ekoliterasi melalui kuesioner ahli dan pengguna/guru serta pengumpulan data pada variable kemampuan literasi budaya dilakukan melalui observasi. Uji efektivitas  menggunakan uji t pretest-posttest. Program ini meningkatan literasi budaya anak dari skor rerata 61.7 menjadi 87.05 Kesimpulan program ekoliterasi STEAM yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan literasi budaya anak usia dini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

aulad

Publisher

Subject

Education Public Health Social Sciences

Description

Aulad : Journal on Early Childhood is a periodically scientific journal published by Program Studi PG-PAUD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau, Indonesia. The journal focuses its scope on the issues on Early Childhood. We invite scientists, scholars, researchers, as well as profesionnals to ...