Jumlah Jemaah haji Indonesia terus bertambah setiap tahunnya, dengan berbagai kendala pada saat proses pemberangkatan yang dilaporkan di beberapa wilayah sehingga menyebabkan adanya ketidakpuasan jemaah. Kepuasan jemaah haji pada proses pemberangkatan dapat menjadi salah satu masukkan untuk evaluasi kinerja pelayanan yang dilaksanakan pemerintah. Kepuasaan Jemaah haji dapat dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya pelayanan penyelenggaraan haji, fasilitas dan infrastruktur, keamanan dan kenyamanan, informasi dan komunikasi, serta bimbingan dan pembinaan. Sehingga penelitian ini akan menganalisis faktor konfirmatori kepuasan Jemaah Haji Kalimantan Selatan pada proses pemberangkatan musim haji tahun 1445 H/2024 M. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan instrumen kuesioner menggunakan teknik pengisian kuesioner menggunakan google form. Penelitian dilakukan pada 13 Kabupaten/Kota dengan Populasi dalam penelitian ini seluruh jemaah haji di Provinsi Kalimantan Selatan. Sampel diambil sebanyak 365 responden dengan metode Proportional random sampling. Analisis menggunakan analisis faktor konfirmatori (Confirmatory Factor Analysis atau CFA). Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan jemaah haji Provinsi Kalimantan Selatan pada proses pemberangkatan yaitu Pelayanan penyelenggaraan haji, sikap petugas, pelayanan kesehatan haji, pelayanan administrasi, Fasilitas dan infrastruktur, Keamanan dan kenyamanan, Informasi dan komunikasi, bimbingan dan pembinaan. Terdapat 3 indikator yang terbentuk dalam proses pengujian yaitu Sikap petugas, Pelayanan Kesehatan haji dan Pelayanan Administrasi. Tingkat Kepuasan Jemaah haji Provinsi Kalimantan Selatan pada proses pemberangkatan musim haji tahun 1445H/2024M berada pada tingkat puas sebesar 78,238%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024