Pelangi: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Vol 6 No 2 (2024): September

UPAYA GURU MELATIH PEMBIASAAN DALAM TOILET TRAINING PADA ANAK KELOMPOK B5 DI TK ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI

Nabila, Salsa (Unknown)
Kasmiati, Kasmiati (Unknown)
Harianja, Sri Indriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui upaya guru melatih pembiasaan dalam toilet training pada anak kelompok B5 di TK Islam Al-Falah Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru selaku wali kelas yang mengajar di kelompok B5 serta kepala sekolah di TK Islam Al-Falah Kota Jambi. Teknik pengumpulan data melalui 3 cara, yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan guru melatih pembiasaan dalam toilet training pada anak kelompok B5 di TK Islam Al-Falah Kota Jambi dilakukan melalui 2 teknik, yaitu teknik lisan dan teknik modelling. Teknik lisan berupa memberikan pemahaman anak tentang makna dan tata cara toilet training, pemahaman anak dan orang tua tentang pentingnya penggunaan toilet dibandingkan pampers, serta pemahaman anak tentang perasaan ingin buang air. Sedangkan teknik modelling berupa berdo’a sebelum dan setelah menggunakan toilet, menunjukkan cara memakai toilet, mengajarkan cara melepas pasang celana atau rok serta kancing dan tali pinggangnya, menunjukkan cara mencuci tangan dengan baik dan benar, menunjukkan cara menyiram toilet, memberikan bantuan dan dukungan kepada anak yang masih belum bisa toilet training sendiri, serta memberikan pujian terhadap anak yang sudah dapat melakukan toilet training sendiri. Kata Kunci: Pembiasaan, Toilet Training

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pelangi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Fokus jurnal ini adalah studi akademik dilingkup TK/PAUD dalam berbagai perspektif yang berupa artikel hasil pemikiran dan penelitian pendidikan PAUD/TK.Ruang lingkup jurnal ini mengkhususkan pada pendidikan dasar terutama dilingkup Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah dalam berbagai disiplin ilmu dan ...