IPA adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari gejala-gejala melalui serangkaian proses yang dikenal dengan proses ilmiah yang dibangun atas dasar sikap ilmiah dan hasilnya terwujud sebagai produk ilmiah yang tersusun atas tiga komponen terpenting berupa konsep, prinsip, dan teori yang berlaku secara universal. Pembelajaran IPA adalah kurangnya inovasi pembelajaran mengenai digitalisasi, media pembelajaran yang kurang inovatif ,metode pembelajaran yang mototon hanya menggunakan ceramah sehingga berpengaruh pada minat belajar yang kurang dan berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode pre-experimental design tipe one group pre-test post-test design. Instrumen pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Instrumen tes (pre-test post-test) berupa tes tulis. Tes tulis yang digunakan berupa soal essay yang berjumlah 5 soal. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa yang duduk di kelas V di SDN 01 Demangan. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 15 siswa. Yaitu siswa laki-laki berjumlah 9 dan siswa perempuan berjumlah 6. Hasil data yang telah dikumpulkan dan hasil pengujian yang  telah dilakukan terhadap permasalahan dengan menggunakan SPSS 21 untuk  mengetahui Minat Belajar terhadap Chromebook dan aplikasi Google Workspsce. Didapat hasil terdapat pengaruh Chromebook dengan Google Workspace terhadap minat belajar IPA Kelas V SDN 01 Demangan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024