Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Integrasinya
Vol. 3 No. 1 (2020): JURNAL INOVASI PENDIDIKAN FISIKA VOL 3 NO. 1 2020

Penilaian Keterampilan Proses Sains Siswa Menggunakan Tes Integrated Science Process Skill (ISPS).

Anggraeni, Anggian (Unknown)
Yuliana, Aulia Siska (Unknown)
yuliana, ina (Unknown)
kusairi, sentot (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2024

Abstract

Keterampilan proses sains merupakan suatu proses yang dilakukan siswa unutk menganalisis, Menyusun hipotesis, mengidentifikasi variable, dan mengiterpretasikan data. Sehingga siswa dapat menambah pengalaman dalam berpikir dan memahami materi yang sedang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian tes tes Integrated Science Process Skill (ISPS) untuk mengukur keterampilan proses sains pada materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Data penelitian diperoleh dari pemberian Tes ISPS kepada siswa dalam bentuk tes pilhan ganda beralasan. Data hasil analisis berdasarkan skor hasil penilaian siswa diperoleh 60% siswa yang memilki kemampuan proses sains dan 40% siswa masih mengalami kesulitan dalam kemampuan proses sains. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat diketahui bahwa tes ISPS dapat digunakan untuk menilai keterampilan proses sainsĀ 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIPFI

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Integrasinya (JIPFI), merupakan terbitan ilmiah berupa hasil penelitian pendidikan, studi pustaka, analisis kritis pada bidang pendidikan fisika, miskonsepsi, penilaian, aplikasi konsep dan teori dalam pembelajaran Fisika, Integrasi nilai-nilai karakter dalam ...