Persaingan ketat di industri transportasi online mendorong Maxim untuk meningkatkan kepuasan dan pengalaman pengguna. Berdasarkan observasi dan pengujian usability pada 20 pengguna, aplikasi Maxim memperoleh skor SUS 56,23 (grade D, rating poor). Untuk mengatasi hal tersebut, dilakukan perancangan ulang UI/UX menggunakan metode User Centered Desain (UCD), usability testing, dan penerapan knowledge management. Data yang digunakan berupa kualitatif (wawancara) dan kuantitatif (kuesioner SUS).Proses redesain mencakup penyusunan UML (use case, activity, sequence, dan class diagram) serta pembuatan wireframe, mockup, dan prototipe yang interaktif. Hasil pengujian dengan Maze menunjukkan kemudahan penggunaan dengan skor 93%, sementara hasil SUS meningkat menjadi 81,25 (grade A, rating Excellent). Peningkatan 24,62 poin ini menandakan desain baru lebih informatif, mudah digunakan, dan meningkatkan pengalaman pengguna secara signifikan. Hasil redesain dinilai berhasil membantu Maxim bersaing di pasar yang kompetitif dengan meningkatkan retensi pengguna.
Copyrights © 2025