Penelitian ini bertujuan untuk pembuatan modul ajar manajemen acara berbasis proyek (project-based learning) yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan praktis mahasiswa sesuai dengan kebutuhan industri. Berdasarkan analisa awal, pembelajaran manajemen acara di perguruan tinggi seringkali kurang efektif karena tidak terintegrasi dengan proyek nyata. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dalam menyusun modul ajar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini berupa modul ajar yang diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar, keterampilan berpikir kritis, dan kemampuan manajerial mahasiswa. Selain itu modul ini bisa menjadi referensi bagi dosen dalam mengadopsi pembelajaran berbasis proyek, memperkuat relevansi pendidikan dengan kebutuhan industri, serta mempersiapkan lulusan yang lebih kompeten dalam mata kuliah manajemen acara.
Copyrights © 2024