Kelola: Journal of Islamic Education Management
Vol. 9 No. 2 (2024): Kelola: Journal of Islamic Education Management

GURU SEBAGAI PAHLAWAN TANPA TANDA JASA: PERSPEKTIF HEGEMONI DALAM PENDIDIKAN MENURUT ANTONIO GRAMSCI

Sofyan (Unknown)
Baids, Fajrin (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2024

Abstract

Guru memiliki peran strategis sebagai ujung tombak pendidikan di Indonesia, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Narasi pahlawan tanpa tanda jasa sering kali digunakan sebagai alat hegemoni untuk menekan tuntutan kesejahteraan guru. Penelitian ini bertujuan menganalisis bagaimana narasi pahlawan tanpa tanda jasa digunakan untuk mengonstruksi persepsi masyarakat terhadap profesi guru, serta dampaknya terhadap kesejahteraan dan status sosialnya. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan bibliografis. Data dikumpulkan dari berbagai sumber, termasuk buku, jurnal, artikel media, dan podcast. Analisis dilakukan menggunakan teori hegemoni Antonio Gramsci, yang menjelaskan bagaimana kelompok dominan memperoleh pengaruh melalui persuasi tanpa paksaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa narasi "pahlawan tanpa tanda jasa" telah menjadi alat legitimasi untuk menormalisasi rendahnya gaji, beban kerja berlebihan, dan diskriminasi terhadap guru, terutama guru honorer. Lagu Hymne Guru dan penggunaan istilah pahlawan dalam berbagai konteks semakin memperkuat doktrin ini. Akibatnya, guru cenderung tidak memiliki ruang untuk memperjuangkan hak-haknya, meskipun kontribusinya terhadap pendidikan sangat besar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa hegemoni yang dihasilkan dari narasi tersebut memengaruhi kondisi sosial, ekonomi, dan psikologis guru. Oleh karena itu, diperlukan kesadaran kolektif di kalangan guru serta kebijakan pemerintah yang lebih adil untuk meningkatkan kesejahteraan guru dan memutus rantai hegemoni yang merugikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kelola

Publisher

Subject

Education Other

Description

is a journal that supports discussion and learning in Islamic education management. This journal, published twice in Kelola, accepts published from all management educators who are approved to reflect on their professional practice and to facilitate readers in exploring what or how to teach students ...