Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 2 No. 2 (2024): Jurnal Pengabdian Masyarakat (AbdiMas)

Pelatihan Penyusunan Asessemen dalam Kurikulum Merdeka Belajar pada Guru Sekolah/Madrasah Muhammadiyah di Kabupaten Sinjai

Rahman, Hardianto (Unknown)
Salam, Rosdiah (Unknown)
Tati, Andi Dewi Riang (Unknown)
Usman, Hikmawati (Unknown)
Sahabuddin, Erma Suryani (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2024

Abstract

Artikel ini membahas pelaksanaan Pelatihan Penyusunan Asesmen dalam Kurikulum Merdeka Belajar untuk guru-guru sekolah dan madrasah Muhammadiyah di Kabupaten Sinjai. Permasalahan utama yang dihadapi oleh mitra, yakni Majelis Pendidikan Dasar Pimpinan Daerah Muhammadiyah, adalah kurangnya pemahaman dan keterampilan dalam menyusun asesmen yang sesuai dengan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka. Untuk mengatasi masalah ini, pelatihan dirancang dengan tujuan meningkatkan pemahaman guru terkait penyusunan asesmen yang valid, autentik, dan berbasis kompetensi sesuai dengan kurikulum terbaru. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pendekatan partisipatif dengan menggabungkan teori dan praktik. Pelatihan dilakukan melalui sesi penyuluhan, diskusi kelompok, serta simulasi pembuatan instrumen asesmen. Setiap peserta dilibatkan dalam merancang asesmen berbasis Kurikulum Merdeka, yang mencakup asesmen formatif, sumatif, dan autentik. Selain itu, peserta juga diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan berkolaborasi dalam menyusun rencana pelaksanaan asesmen yang dapat diterapkan di kelas. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk membekali guru dengan keterampilan yang diperlukan dalam menyusun asesmen yang tepat guna mendukung pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka, serta meningkatkan kualitas evaluasi yang dilakukan oleh guru di sekolah dan madrasah Muhammadiyah. Hasil dari pelatihan menunjukkan bahwa sebagian besar peserta (79,38%) berhasil memahami dan mengimplementasikan konsep-konsep dasar asesmen, berkolaborasi dalam merancang instrumen asesmen, serta menyusun rencana asesmen yang kontekstual dan relevan dengan pembelajaran mereka. Kesimpulannya, pelatihan ini berhasil memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kompetensi guru dalam menyusun asesmen yang efektif dan sesuai dengan Kurikulum Merdeka, meskipun masih terdapat beberapa tantangan dalam penerapannya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Electrical & Electronics Engineering Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Universitas Negeri Makassar adalah journal yang memuat artikel-artikel ilmiah dalam berbagai aktivitas pengabdian kepada masyarakat. Artikel-artikel yang dipublikasikan di Abdimas meliputi hasil-hasil Pengabdian Kepada ...