Nusantara: Indonesian Journal of Islamic Studies
Vol. 4 No. 2 (2024): (July) Indonesian Muslim Studies

Penerapan Prinsip-Prinsip Andragogi dalam Kegiatan Pengajian Kitab Bidayatul Hidayah

Mufid, Satuyar (Unknown)
Margareta, Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2024

Abstract

Prinsip-prinsip andragogi pada kegiatan pembelajaran orang dewasa semestinya selalu diterapkan. Hal ini karena proses belajar orang dewasa dan anak-anak berbeda maka berbeda pula perlakuan dalam membimbing orang dewasa belajar. Pengajian kitab Bidayatul Hidayah merupakan kegiatan pengajian rutinan yang diadakan oleh takmir masjid Al-Hidayah Kebonagung Sukodono Lumajang dengan mayoritas jamaah pengajian adalah orang dewasa sehingga dalam prosesnya selalu menerapkan prinsip-prinsip andragogi guna membantu para jamaah dalam memahami isi kitab Bidayatul Hidayah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lima prinsip andragogi telah diterapkan dengan baik dalam kegiatan pengajian kitab Bidayatul Hidayah di masjid Al-Hidayah Kebonagung Sukodono Lumajang yang ditandai dengan minat dan kebutuhan belajar yang tinggi, materi pengajian yang berpusat pada kehidupan, faktor pengalaman sebagai dasar dalam mengikuti kegiatan pengajian, pengarahan diri yang baik oleh jamaah pengajian, serta gaya, waktu, tempat serta kecepatan belajar yang menyesuaikan dengan kondisi warga belajar dalam hal ini jamaah pengajian kitab Bidayatul Hidayah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Religion Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Nusantara: Indonesian Journal of Islamic Studies adalah jurnal nasional peer-review yang diterbitkan dua kali setahun oleh NUN Media bekerjasama dengan CV. Murta Media Karya Surabaya. Jurnal ini menekankan pada aspek-aspek yang terkait dengan Kajian Islam dalam konteks Indonesia, dengan referensi ...