Pande Nami Jurnal (PNJ)
Vol. 2 No. 4 (2024): Vol. 2 - No. 4 - OKTOBER 2024

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V UPTD SD NEGERI 122353 PEMATANGSIANTAR

Ramauli Sibatuara (Unknown)
Muktar B. Panjaitan (Unknown)
Yanti Arasi Sidabutar (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V yang berjumlah 20 orang. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas Va Vb, Vc, sementara sampel yang digunakan adalah kelas Vc yang berjumlahhh 20 siswa yang dipilih secara acak melalui metode Simple Random Sampling. penelitian eksperimen semu (Quasi experimental research) dengan rancangan penelitian One Group Pretest - Posttest Design menggunakan instrumen berupa 25 butir soal pilihan ganda yang berkaitan dengan materi ekosistem. Hasil analisis data mengungkapkan bahwa hasil uji hipotesis dengan taraf signifikansi =0,05 dan rtabel sebesar 2,093 thitung sebesar 11,093. Dengan demikian thitung >rtabel 11,093 > 2,093. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas V UPTD SD Negeri 122353 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2024/2025.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pnj

Publisher

Subject

Education Other

Description

Pande Nami Jurnal (PNJ) adalah jurnal yang memuat artikel-artikel dalam bidang pendidikan dasar, kurikulum dan system pengelolaan pembelajaran di pendidikan dasar yang meliputi tematif integratif, serta kebijakan manajemen berbasis kelas di sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP), ...