Pande Nami Jurnal (PNJ)
Vol. 2 No. 4 (2024): Vol. 2 - No. 4 - OKTOBER 2024

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V UPTD SD NEGERI 122345 PEMATANGSIANTAR

Yuni Elisa Sitanggang (Unknown)
Hetdy Sitio (Unknown)
Janwar Tambunan (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika materi pembelajaran Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan beda penyebut di kelas V. Penelitian ini dilaksanakan di UPTD SD Negeri 122345 Pematangsiantar. Pada penelitian ini terdapat 2 hipotesis yakni terdiri atas: (Ha) Ada pengaruh pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika materi pembelajaran Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan beda penyebut di kelas V UPTD SD Negeri 122345 Pematangsiantar. (Ho) Tidak ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika materi pembelajaran Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan beda penyebut di kelas V UPTD SD Negeri 122345 Pematangsiantar. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2024/2025 Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah eksperimen dengan jenis penelitrian pre-experimental design serta dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 23 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi serta tes. Data diolah menggunakan Teknik analisis statistik. Dari hasil analisis data diperoleh hasil bahwa thitung 18,094 dan ttabel 2,074 sehingga dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel sehingga ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika materi pembelajaran Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan beda penyebut di kelas V UPTD SD Negeri 122345 Pematangsiantar. Artinya Ho ditolak dan Ha diterima.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pnj

Publisher

Subject

Education Other

Description

Pande Nami Jurnal (PNJ) adalah jurnal yang memuat artikel-artikel dalam bidang pendidikan dasar, kurikulum dan system pengelolaan pembelajaran di pendidikan dasar yang meliputi tematif integratif, serta kebijakan manajemen berbasis kelas di sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP), ...