Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika materi pembelajaran Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan beda penyebut di kelas V. Penelitian ini dilaksanakan di UPTD SD Negeri 122345 Pematangsiantar. Pada penelitian ini terdapat 2 hipotesis yakni terdiri atas: (Ha) Ada pengaruh pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika materi pembelajaran Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan beda penyebut di kelas V UPTD SD Negeri 122345 Pematangsiantar. (Ho) Tidak ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika materi pembelajaran Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan beda penyebut di kelas V UPTD SD Negeri 122345 Pematangsiantar. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2024/2025 Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah eksperimen dengan jenis penelitrian pre-experimental design serta dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 23 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi serta tes. Data diolah menggunakan Teknik analisis statistik. Dari hasil analisis data diperoleh hasil bahwa thitung 18,094 dan ttabel 2,074 sehingga dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel sehingga ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika materi pembelajaran Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan beda penyebut di kelas V UPTD SD Negeri 122345 Pematangsiantar. Artinya Ho ditolak dan Ha diterima.
Copyrights © 2024