Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap hasil belajar Matematika pada siswa kelas V di UPTD SD Negeri 122345 Pematangsiantar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian Kuantitatif. Desain penelitian yang akan digunakan yaitu Eksperimen, dengan bentuk Pre-experimental Design yang menggunakan desain “one group pretest- posttest design” dan sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas V di UPTD SD Negeri 122345 Pematangsiantar yang berjumlah 23 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa test. Data diuji dengan menggunakan analisis dan berbantuan SPPS Versi 25. Hasil dari pengujian hipotesis penelitian yang terdapat pengaruh signifikan pada penelitian ini dan data yang sudah diujikan, dinyatakan dilihat dari analisis data yang diperoleh dari hasil rata-rata kelas eksperimen pada pretest (29,56) dan posttest (77,39). Hasil Penelitian di peroleh. Peneliti di peroleh >(1363>2,080) dengan taraf signifikan 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) memiliki pengaruh terhadap hasil belajar Matematika pada siswa kelas V di UPTD SD Negeri 122345 pematangsiantar.
Copyrights © 2024