Latar belakang penelitian ini dilakukan didasarkan pada observasi yang dilakukan oleh peneliti di kelas III SD Negeri 091281 Batu IV Simalungun, yakni guru masih menggunakan model pembelajaran Inquiry sehingga mengakibatkan kemampuan berpikir siswa rendah. Melalui permasalahan diatas maka dicari solusi yaitu dengan menerapkan model Inquiry untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dengan jumlah sampel sebanyak 22 siswa kelas III SD Negeri 091281 Batu IV Simalungun, maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Inquiry terhadap hasil belajar siswa kelas III SD. Hal ini dibuktikan dengan Uji T menunjukkan bahwa nilai hasil perhitungn gain kelas eksperimen diperoleh rata-rata sebesar 34,62 dan rata-rata posttest sebesar 84,16. Sehingga diperoleh gain 0.80. Artinya, kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar dengan kategori sangat tinggi karena (g) ≥ 0,70. Berdasarkan data tersebut, maka dikatakan peningkatan hasil belajar materi Usaha Pelestarian Lingkungan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Project Based Learning lebih baik dibandingkan dengan konvensional.
Copyrights © 2024