Pande Nami Jurnal (PNJ)
Vol. 2 No. 4 (2024): Vol. 2 - No. 4 - OKTOBER 2024

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MATA PELAJARAN IPA MATERI MENGENAL SIKLUS MAKHLUK HIDUP DI SD NEGERI 091281 BATU IV SIMALUNGUN

Labora C. Simarmata (Unknown)
Maria Barus (Unknown)
Osco Parmonangan Sijabat (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2024

Abstract

Latar belakang penelitian ini dilakukan didasarkan pada observasi yang dilakukan oleh peneliti di kelas III SD Negeri 091281 Batu IV Simalungun, yakni guru masih menggunakan model pembelajaran Inquiry sehingga mengakibatkan kemampuan berpikir siswa rendah. Melalui permasalahan diatas maka dicari solusi yaitu dengan menerapkan model Inquiry untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dengan jumlah sampel sebanyak 22 siswa kelas III SD Negeri 091281 Batu IV Simalungun, maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Inquiry terhadap hasil belajar siswa kelas III SD. Hal ini dibuktikan dengan Uji T menunjukkan bahwa nilai hasil perhitungn gain kelas eksperimen diperoleh rata-rata sebesar 34,62 dan rata-rata posttest sebesar 84,16. Sehingga diperoleh gain 0.80. Artinya, kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar dengan kategori sangat tinggi karena (g) ≥ 0,70. Berdasarkan data tersebut, maka dikatakan peningkatan hasil belajar materi Usaha Pelestarian Lingkungan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Project Based Learning lebih baik dibandingkan dengan konvensional.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pnj

Publisher

Subject

Education Other

Description

Pande Nami Jurnal (PNJ) adalah jurnal yang memuat artikel-artikel dalam bidang pendidikan dasar, kurikulum dan system pengelolaan pembelajaran di pendidikan dasar yang meliputi tematif integratif, serta kebijakan manajemen berbasis kelas di sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP), ...