Pande Nami Jurnal (PNJ)
Vol. 3 No. 1 (2025): Vol. 3 - No. 1 - JANUARI 2025

PENERAPAN MEDIA SMART BOX UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS VI PADA MATERI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN DI UPTD SD NEGERI 122384 PEMATANGSIANTAR

Samuel Alexander Frederik Manurung (Unknown)
Yulika Pasaribu (Unknown)
Ruth Arfika Sinaga (Unknown)
Sania Sinabutar (Unknown)
Cintami Situmorang (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2025

Abstract

Minimnya penggunaan media dalam pembelajaran IPS melatarbelakangi dilakukannya penelitian ini. Adapun tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penerapan media smart box untuk meningkatkan hasil belajar kognitif kelas VI materi Masyarakat Ekonomi ASEAN serta mengukur peningkatan hasil belajar kognitif kelas VI materi Masyarakat Ekonomi ASEAN dengan menggunakan media smart box. Metode yang dipilih peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan desain Kemmis dan McTaggart yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sejumlah 20 peserta didik kelas VI A UPTD SD Negeri 122384 menjadi subyek dalam penelitian dengan melakukan 2 siklus. Berdasarkan temuan peneliti menunjukan persentase ketuntasan belajar dengan menerapkan media smart box pada siklus I (36%) dan siklus II (89%). Melihat persentase ketuntasan siklus II sebesar 89% menandakan penetapan indikator keberhasilan sebelumnya sebesar 85% telah terpenuhi, sehingga berhasilnya penelitian yaitu pada siklus II. Maka disimpulkan peningkatan hasil belajar kognitif kelas VI materi Masyarakat Ekonomi ASEAN dapat dicapai dengan penerapan media smart box.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pnj

Publisher

Subject

Education Other

Description

Pande Nami Jurnal (PNJ) adalah jurnal yang memuat artikel-artikel dalam bidang pendidikan dasar, kurikulum dan system pengelolaan pembelajaran di pendidikan dasar yang meliputi tematif integratif, serta kebijakan manajemen berbasis kelas di sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP), ...