Era globalisasi menyebabkan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Anak-anak dihadapkan dengan berbagai tantangan yang tidak hanya bersifat akademis, tetapi juga moral dan sosial. Sebagai respon terhadap fenomena ini, pendidikan karakter seperti sikap empati dan kepedulian sebagai landasan penting terhadap pribadi yang utuh. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis lebih dalam terkait dengan penanaman sikap empati dan kepedulian pada anak melalui metode keteladanan di lingkungan keluarga. Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi literatur. Sumber literatur yang digunakan meliputi artikel nasional dan internasional yang diterbitkan antara tahun 2017 hingga 2024. Dari artikel yang terkumpul kemudian dianalisis. Sumber literatur diperoleh melalui pencarian menggunakan database dan media elektronik seperti Google Scholar, Consensus, Litmaps dan Open Knowledge Maps dengan fokus pada topik sikap empati dan kepedulian, metode keteladanan dan anak usia dini. Selanjutnya dilakukan pengorganisasian data. Pada tahap pengorganisasian, data disajikan dalam bentuk narasi, kemudian diikuti dengan proses penafsiran data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman sikap empati dan kepedulian pada anak melalui metode keteladanan di lingkungan keluarga terbukti efektif membentuk karakter anak, seperti pemberian contoh langsung, interaksi sehari-hari, dan konsistensi perilaku orang tua memberikan landasan moral yang kuat untuk membangun hubungan sosial yang harmonis. Temuan ini diharapkan dapat menjadi kontribusi bagi pengembangan model pendidikan karakter berbasis keluarga yang relevan dengan kebutuhan zaman, dan menjadi acuan bagi orang tua serta pendidik dalam mendukung tumbuh kembang anak secara holistik, baik aspek kognitif, emosional, maupun sosial.
Copyrights © 2025