Jurnal CARE
Vol. 13 No. 1 (2025)

Analisis Program Pembelajaran Al-Qur’an Pada Kelompok Usia 2-3 Tahun Di TPA Al-Ishlah Gorontalo

Susi Susanti (Unknown)
Wiwik Pratiwi (Unknown)
Munirah (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2025

Abstract

Taman penitipan anak Al-Ishlah Gorontalo memiliki program pembelajaran al-quran anak-anak akan diperkenalkan 14 huruf hijaiyah yang berharakat fatha (ﹷ) dan diperdengarkan murotal Al-Qur’an setiap hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan program pembelajaran al-quran pada usia 2-3 tahun di TPA Al-Ishlah Gorontalo. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui pengamatan dan wawancara, metode analisis data mencangkup reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, dan member check. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan Program Pembelajaran Al-Quran Pada Usia 2-3 Tahun Di TPA Al-Ishlah Gorontalo telah dirancang secara sistematis dan terstruktur. Namun, terdapat kekurangan dalam keterlibatan guru dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran al-quran pada kelompok usia 2-3 tahun di TPA Al-Ishlah Gorontalo menggunakan metode wafa dimana anak-anak akan diperkenalkan 14 huruf hijaiyah yang dimulai dari huruf م (ma) melalui pendekatan otak kanan kreatif dan tahapan 5P (Pembukaan, Pengalaman, Pengajaran, Penilaian, dan Penutupan). Meskipun demikian, pembelajaran belum sepenuhnya disesuaikan dengan kemampuan setiap anak. Untuk menyikapi hal tersebut, TPA Al-Ishlah Gorontalo telah memberikan solusi dengan menerapkan pembelajaran BSP (Baca Simak Privat) untuk meningkatkan hasil belajar anak. Evaluasi program dilakukan secara harian dan bulanan, dengan penilaian berbasis kartu prestasi dan jurnal harian, dan rekap prestasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPAUD

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL CARE is a scientific journal on Early Childhood Education that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of early childhood education covering the fields of basic teaching in preschool, applied science and analytical-critical ...