THEOREMA : The Journal Education of Mathematics
Vol 5 No 2 (2024): THEOREMA: The Journal Education of Mathematics

LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK PADA KONTEN ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 10 KABUPATEN SORONG

Tutratan, Anastasia Natalia (Unknown)
Sumadi, Suhartini (Unknown)
Pamungkas, Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita aljabar yaitu peserta didik tidak menyampaikan informasi dari soal dan apa yang di tanya namun, ketika dilakukan wawancara peserta didik lebih memilih menjawab pertanyaan dengan singkat. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif, Sempel penelitian adalah kelas VII yang terdiri dari 15 siswa. Peserta didik menyesuaikan soal cerita dan dapat mengubah soal cerita kedalam bentuk angka. Biasanya, soal cerita dapat dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari maka peserta didik tersebut akan mampu meningkatkan kemampuan literasi numerasi. Berdasarkan hasil yang dialami oleh siswa di SMP Negeri 10 Kabupaten Sorong, berdasarkan observasi awal, hasil wawancara dan tes, peneliti diketahui permasalahan yang ada, yaitu siswa kurang menguasai materi aljabar. Saat melakukan observasi, peneliti mengetahui dari hasil belajar siswa hanya 5. Pengambilan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik “ purposive sampling”.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

THEOREMA

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Theorema: The Journal Education of Mathematics merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong (Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan). Jurnal ini bertujuan sebagai tempat publikasi hasil penelitian dan pemikiran pada bidang ...