Imamah : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol 2 No 1 (2024)

Pendekatan Teo Situasional Kepemimpinan Pendidikan Agama Islam

Wahyuni, Rini (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2024

Abstract

Penelitian ini membahas pendekatan Teori Situasional dalam konteks kepemimpinan pendidikan agama Islam. Teori Situasional, yang dikembangkan oleh Hersey dan Blanchard, menekankan pentingnya fleksibilitas pemimpin dalam menyesuaikan gaya kepemimpinan dengan situasi dan kebutuhan pengikut. Dalam lingkungan pendidikan agama Islam, di mana konteks sosial dan budaya sangat berpengaruh, penerapan pendekatan ini menjadi relevan untuk meningkatkan efektivitas kepemimpinan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif untuk mengeksplorasi bagaimana kepala sekolah dan guru dapat mengimplementasikan gaya kepemimpinan situasional dalam pengelolaan lembaga pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan ini mampu meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa serta menciptakan iklim belajar yang lebih positif. Selain itu, pemimpin yang mampu beradaptasi dengan situasi yang berbeda dapat memfasilitasi perkembangan karakter siswa dan menguatkan nilai-nilai agama dalam pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kepemimpinan berbasis pendekatan situasional dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di sekolah. Oleh karena itu, disarankan agar para pemimpin pendidikan melakukan pelatihan yang berkelanjutan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan mereka dalam menerapkan pendekatan ini secara optimal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

imamah

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education

Description

Jurnal Imamah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Published by CV. Edu Tech Jaya. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies in the field of Islamic education management. Articles published in journals are the result of research or thoughts in the field of ...