Dalam pendidikan Islam, manajemen siswa adalah komponen penting yang menentukan seberapa efektif proses pembelajaran. Dalam artikel ini, kita akan menemukan beberapa pendekatan untuk manajemen siswa yang dapat diterapkan di institusi pendidikan Islam untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa. Pendekatan yang didasarkan pada nilai-nilai Islam berkonsentrasi pada pengembangan karakter dan spiritual siswa selain aspek akademik. Studi ini menggunakan analisis studi kasus kualitatif di beberapa madrasah dan pesantren. Hasil menunjukkan bahwa menerapkan manajemen kelas yang baik, yang mencakup komunikasi yang efektif antara guru dan siswa, pengelolaan kelas yang efektif, dan umpan balik yang bermanfaat, dapat meningkatkan prestasi belajar dan kepuasan siswa. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pendidik dan pengelola lembaga pendidikan Islam dalam merancang program yang lebih efektif untuk mendukung perkembangan peserta didik secara holistik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024