Mata kuliah Kimia Dasar di Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, memiliki peran penting dalam membentuk dasar pemahaman ilmiah mahasiswa. Namun, evaluasi pembelajaran menunjukkan bahwa 67,74% mahasiswa memperoleh nilai C–E, dengan 64,3% mahasiswa mengaku kesulitan memahami konsep kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan media e-learning berbasis SPADA guna meningkatkan hasil belajar. Metode eksperimen dengan uji t diterapkan pada 60 mahasiswa dari tiga kelas. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada hasil belajar setelah optimalisasi media, dengan rata-rata nilai kelas A, B, dan C meningkat dari 44, 50, dan 29 menjadi 60, 61, dan 51, masing-masing, dengan peningkatan keseluruhan sebesar 39,78%. Uji t menghasilkan nilai t hitung 14,15, lebih besar dari t-tabel 2,00, menunjukkan perbedaan signifikan. Penelitian ini mengonfirmasi bahwa penggunaan media e-learning berbasis SPADA efektif dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar mahasiswa Kimia Dasar. Selain perubahan hasil belajar, optimalisasi penggunaan media e-learning berbasis SPADA dapat meningkatkan mahasiswa dalam proses pembelajaran dimana mahasiswa menjadi lebih aktif dalam mengakses materi kuliah secara online, menyelesaikan tugas-tugas, dan berpartisipasi dalam diskusi.
Copyrights © 2024