Jurnal Pendidikan Karakter JAWARA (Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius, Akuntabel)
Vol 10, No 2 (2024)

Optimalisasi Media E-Learning Berbasis Spada untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Kimia Dasar dengan Bertanggung Jawab Aktif

Rusmawati, Dea Aisyah (Department of Food Technology, Faculty of Agriculture, Sultan Ageng Tirtayasa University, Serang Regency, Serang, 42163)
Armelia, Vony (Department of Animal Science, Faculty of Agriculture, Sultan Ageng Tirtayasa University)
Budiyanti, Ratu Reni (Department of Food Technology, Faculty of Agriculture, Sultan Ageng Tirtayasa University)
Meindrawan, Bayu (Department of Animal Science, Faculty of Agriculture, Sultan Ageng Tirtayasa University)
Liany, Kania Asri (Department of Animal Science, Faculty of Agriculture, Sultan Ageng Tirtayasa University)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2024

Abstract

Mata kuliah Kimia Dasar di Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, memiliki peran penting dalam membentuk dasar pemahaman ilmiah mahasiswa. Namun, evaluasi pembelajaran menunjukkan bahwa 67,74% mahasiswa memperoleh nilai C–E, dengan 64,3% mahasiswa mengaku kesulitan memahami konsep kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan media e-learning berbasis SPADA guna meningkatkan hasil belajar. Metode eksperimen dengan uji t diterapkan pada 60 mahasiswa dari tiga kelas. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada hasil belajar setelah optimalisasi media, dengan rata-rata nilai kelas A, B, dan C meningkat dari 44, 50, dan 29 menjadi 60, 61, dan 51, masing-masing, dengan peningkatan keseluruhan sebesar 39,78%. Uji t menghasilkan nilai t hitung 14,15, lebih besar dari t-tabel 2,00, menunjukkan perbedaan signifikan. Penelitian ini mengonfirmasi bahwa penggunaan media e-learning berbasis SPADA efektif dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar mahasiswa Kimia Dasar. Selain perubahan hasil belajar, optimalisasi penggunaan media e-learning berbasis SPADA dapat meningkatkan mahasiswa dalam proses pembelajaran dimana mahasiswa menjadi lebih aktif dalam mengakses materi kuliah secara online, menyelesaikan tugas-tugas, dan berpartisipasi dalam diskusi.

Copyrights © 2024