Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Vol 3, No 2 (2016): Kajian Fisika dan Inovasi Pembelajaran Fisika

PENGEMBANGAN HANDOUT PENDAHULUAN FISIKA KUANTUM BERBASIS MULTIREPRESENTASI PADA SUB POKOK BAHASAN PERSAMAAN SCHRODINGER TAK BERGANTUNG WAKTU 1 DIMENSI

Nopeliza, Nia ( Mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sriwijaya)
akhsan, Hamdi ( Dosen Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2016

Abstract

Pengembangan handout pendahuluan  fisika kuantum berbasis multirepresentasi pada sub pokok bahasan persamaan Schrödinger tak bergantung waktu 1 dimensi telah dilakukan dan diterapkan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika angakatan 2013 Universitas Sriwijaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan handout pendahuluan  fisika kuantum berbasis multirepresentasi pada sub pokok bahasan persamaan Schrödinger tak bergantung waktu 1 dimensi yang valid dan praktis. Penelitian ini mengadaptasi model pengembangan produk oleh Rowntree dan pada tahap evaluasi peneliti menggunakan prosedur evaluasi formatif dari Tessmer. Teknik pengumpulan data menggunakan walkthrough dan angket. Kevalidan handout ini dinilai oleh ahli dari tiga aspek yakni aspek isi (content), aspek desain dan aspek bahasa. Dari hasil validasi ahli (expert review) didapatkan nilai rata-rata dari ketiga validator sebesar 80,17% dengan kategori valid. Kepraktisan handout ini dilihat dari skor rata-rata angket pada tahap one to one evaluation dan small group evaluation. Dari tahap one to one evaluation didapatkan nilai rata-rata sebesar 91,85% dengan kategori sangat praktis. Dari hasil small group evaluation didapatkan nilai rata-rata sebesar 83,94% dengan kategori praktis. Hasil yang didapatkan dari tahap evaluasi ini menunjukkan bahwa Handout Sub Pokok Bahasan Persamaan Schrödinger Tak Bergantung Waktu 1 Dimensi Berbasis Multirepresentasi yang dikembangkan telah valid dan praktis.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jipf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika (JIPF) is a peer-reviewed journal that is managed by Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sriwijaya and published by Program Sarjana Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sriwijaya. JIPF is published ...