ABSTRACT: The development of information technology has had a significant impact on various sectors, one of which is the emergence of application-based transportation modes which are technological innovations to meet people's needs for fast and efficient transportation, especially in the face of declining quality of public transportation. The existence of online transportation services has a positive impact on society in various activities. This research analyzes the public's perception of using online public transportation services in Tarakan City. This research uses a population of consumers who have used online motorcycle taxi services with a sample of 100 respondents selected through an online questionnaire distributed via social media. Respondents have different ages and work backgrounds. The analytical method used is quantitative descriptive, describing data and facts related to public perceptions. The research results show that public perception of the use of online motorcycle taxi services has a significant and positive influence. The success of this transportation service is greatly influenced by the driver's performance in providing services to the public.Keywords: public perception, online based, public transport ABSTRAK: Perkembangan teknologi informasi telah membawa dampak besar dalam berbagai sektor, salah satunya adalah munculnya moda transportasi berbasis aplikasi yang merupakan inovasi dari teknologi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan transpotasi yang cepat dan efisien, terutama dalam menghadapi penurunan kualitas tranpsortasi umum. Keberadaan layanan transportasi online memberikan dampak positif bagi masyarakat dalam berbagai aktivitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi masyarkat terhadap penggunaan layanan tranpsortasi umum berbasis online di Kota Tarakan. Penelitian ini menggunakan populasi konsumen yang telah menggunakan layanan ojek online dengan sampel sebanyak 100 responden yang dipilih melalui kuisioner online yang disebar melalui media sosial. Responden memilki latar belakang usia dan pekerjaan yang berbeda. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, yang bertujuan untuk menggambarkan data dan fakta terkait persepsi masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi masyarakat terhadap penggunaan layanan ojek online memiliki pengaruh yang signifikan dan positif. Kesuksesan layanan transportasi ini sangat dipengaruhi oleh kinerja pengemudi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.Kata kunci: persepsi masyarakat, berbasis online, transportasi umum
Copyrights © 2024