Bale Aksara
Vol. 5 No. 1 (2024): Articles

Pengaruh Penggunaan Media Kubus Rukun Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Ppkn Siswa Kelas IV SDS Muhamadiyah 5 Garut Kota

Septiasari, Dewi Rara Ayu (Unknown)
Asy'ari, Lutfi (Unknown)
Hakim, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan media kubus rukun terhadap hasil belajar pada pembelajaran PPKn siswa kelas IV SDS Muhamadiyah 5. Studi eksperimen terhadap siswa kelas IV di SDS Muhamadiyah 5. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain quasi eksperimen yang digunakan tipe Non-equivalent control group design.Subjek penelitian adalah siswa kela IV dengan adanya kelas control dan kelas eksperimen. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar. Hasil post- test pada tes hasil belajar menunjukkan sesuai dengan uji hipotesis t hitung = -4,766 dan t tabel 2,064. Maka pada t hitung < t tabel sehingga Ho ditrima dan Ha ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kubus rukun pada pembelajaran PPKn secara signifikan tidak meningkatkan hasil belajar. Temuan ini menyarankan bahwa penerapan media kubus rukun tidak dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PPKn di sekolah dasar

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

baleaksara

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus and Scope Artikel di Bale Aksara: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar IPI Garut harus mengikuti fokus dan ruang lingkup jurnal ini. Fokus dan ruang lingkup jurnal ini dimaksudkan agar artikel tersaji sesuai bidang keahliannya. Adapuan fokus dan ruang lingkup tersebut diantaranya adalah: 1. ...