Journal of Information System and Education Development
Vol. 2 No. 3 (2024): Journal of Information System and Education Development

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Pendekatan Problem Based Learning Kelas VII, MTS Nurul Ikhlas Pasaman Barat

Nurhalimah, Nurhalimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2024

Abstract

Guru adalah orang yang bertanggung jawab dalam mencerdaskan kehidupan anak didik. Pribadi susila yang cakap adalah yang diharapkan ada pada diri setiap anak didik Guru merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan dalam pelaksanaan strategi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan pemahaman siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), khususnya pada materi perubahan sifat benda, menggunakan pendekatan problem based learning (PBL). Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya tingkat pemahaman siswa di kelas VII MTS Nurul Ikhlas Pasaman Barat, di mana hanya 50% siswa yang menguasai materi IPA. Penelitian tindakan ini meliputi beberapa tahapan: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, serta refleksi dan evaluasi. Pada tahap awal, siswa diberikan pretest untuk mengetahui pemahaman dasar mereka. Hasil pretest menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep perubahan sifat benda. Setelah pelaksanaan metode PBL, siswa diberikan posttest yang menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman mereka. Observasi juga dilakukan untuk memantau keterlibatan dan kreativitas siswa selama pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan PBL dapat meningkatkan hasil belajar dan pemahaman siswa terhadap materi perubahan sifat benda secara signifikan, serta mendorong siswa untuk lebih aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pendekatan PBL efektif untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jised

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Journal of Information System and Education Development (JISED) is published by Manna wa Salwa Foundation as a forum for academics, researchers, and practitioners in the field of Information System and Education Development (not implicitly) to disseminate their research results so that they can ...