Guiding World : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 7 No 2 (2024): GUIDING WORLD ( JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING)

Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Media Sinema Edukasi Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik

Fira, Elfira (Unknown)
Faijin, Faijin (Unknown)
Irham, Irham (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas layanan bimbingan kelompok dengan media sinema edukasi dalam meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik di SDN 44 Mande kota Bima Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini dilatar belakangi masalah pada lokasi penelitian. Dimana lokasi tersebut adalah lokasi yang sama saat peneliti mendapatkan penempatan kampus mengajar, masih banyak ditemukan peserta didik yang tidak fokus saat belajar dan itu dialami oleh banyak peserta didik sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terkait judul tersebut. Dalam proses pembelajaran metode ajar yang baik bisa menambah fokus dan konsentrasi peserta didik seperti dengan media sinema edukasi saat proses belajar agar siswa tidak jenuh sehingga mengakibatkan hilangnya konsentrasi peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitan kuantitatif dengan metode pre eksperimen yaitu penelitian eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok saja yang dinamakan kelompok eksperimen tanpa ada kelompok pembanding one group pretest-posttest (tes awal-tes akhir kelompok tunggal). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah peserta didik yang ada di SDN 44 Mande Kota Bima yang berjumlah 138 peserta diidik, sampel penelitian berjumlah 20 orang peserta didik 15%) yang terdapat pada kelas V dan VI. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan rumus paired sampel t-test, sedangkan untuk mengukur Tingkat efektifitas menggunakan nilai N gain score. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan maka di dapatkan layanan bimbingan kelompok dengan sinema edukasi berada pada rentang 56-75 kategori cukup efektif dalam meningkatkan konsentrasi peserta didik. Berdasarkan nilai t hitung > t-tabel (15.140>2.093 ) sehingga dapat diputuskan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak sehingga kesimpulan penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dengan sinema edukasi cukup efektif dalam meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

GW

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Guiding World : Jurnal Bimbingan dan Konseling sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan Ilmu Bimbingan dan Konseling. Guiding World : Jurnal Bimbingan dan Konseling memuat tulisan ilmiah berupa artikel konseptual, hasil penelitian maupun isu-isu aktual yang relevan dalam ...