Dalam era digital, teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah menjadi elemen penting dalam berbagai sektor, termasuk pendidikan. Layanan bimbingan dan konseling (BK) di sekolah menengah pertama (SMP) memerlukan adaptasi untuk menghadapi tantangan era ini. Penelitian ini menganalisis kebutuhan Guru BK terhadap media layanan berbasis video di Kabupaten Wajo, dengan fokus pada keterampilan Cognitive Behavioral Modification (CBM) dan teknik restrukturisasi kognitif. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dilakukan pada 10 Guru BK SMP/MTs untuk mengeval_uasi pengetahuan dan kebutuhan mereka terhadap media video. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif melalui rumus persentase umum Tingkat Pencapaian Responden (TPR). Hasil menunjukkan bahwa meskipun 60% responden memahami prosedur pelaksanaan CBM, hanya 40% yang mengetahui pendekatan ini dan mayoritas (70%) merasa teknik ini sulit dilaksanakan. Semua responden setuju bahwa pengembangan media video sangat dibutuhkan untuk meningkatkan pemahaman dan penerapan CBM. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan pelatihan intensif dan pengembangan video instruksional untuk memperkuat keterampilan Guru BK dalam menghadapi tantangan era digital dan mendukung perkembangan psikologis siswa secara lebih efektif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024