el-Ibtidaiy: Journal of Primary Education
Vol 7, No 2 (2024): el-ibtidaiy

Penerapan Metode Copy The Master dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen di Kelas V SD

utari, ulfa (Unknown)
-, herlina (Unknown)
-, Syarifuddin (Unknown)
-, Susiba (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis cerpen melalui metode copy the master pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 007 Sungai Lipai Kecamatan Gunung Sahilan Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis cerpen di antaranya siswa kesulitan menemukan ide dan siswa kurang mampu mengembangkan alur. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa. Objek dalam penelitian ini adalah metode copy the master dan keterampilan menulis cerpen siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil analisis data penelitian bahwa penerapan metode copy the master dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa. Hal ini dapat diketahui di mana sebelum tindakan perbaikan dilakukan, nilai rata-rata siswa dalam menulis cerpen hanya mencapai 39,1 dengan kategori tidak baik. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran melalui metode copy the master pada siklus I nilai rata-rata siswa dalam menulis cerpen meningkat menjadi 60,5 dengan kategori kurang baik. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata menulis cerpen siswa meningkat menjadi 83,3 dengan kategori baik. Berdasarkan hal tersebut disimpulkan bahwa metode copy the master dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 007 Sungai Lipai Kecamatan Gunung Sahilan Kabupaten Kampar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

elibtidaiy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences

Description

el-Ibtidaiy : Journal of Primary Education (e-ISSN 2615-6121/p-ISSN 2620-3251) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun yakni pada bulan April dan ...