JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan
Vol 8, No 2 (2024): MEI (JIKAP PGSD)

PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF POWERPOINT AMBER MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II SD

Firmansyah, Lalu Mochammad (Unknown)
Dewi, Galuh Kartika (Unknown)
Budi Susilo, Tri Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media,   mengetahui hasil belajar siswa, serta mengetahui respon siswa setelah menggunakan media pembelajaran PowerPoint Amber. Penelitian ini menggunakan metode   Research and Development (R&D) menggunakan moddel ADDIE. Hasil validasi media memperoleh skor 95% dikategorikan “sangat layak” dan hasil validasi media memperoleh skor 95% dikategorikan “sangat layak”. Hasil uji validitas instrumen mendapatkan skor pada tiap pernyataan lebih dari 0,413 menunjukkan semua   pernyataan valid, uji reabilitas mendapatkan nilai reliabilitas Cronbach’s Alpha 0,727 menunjukkan semua pernyataan reliabel. Sedangkan hasil belajar mendapatkan skor 0,71 dikategorikan “tinggi” menunjukkan ada peningkatan hasil belajar siswa. Untuk respon siswa setelah menggunakan media PowerPoint Amber memperoleh skor dengan rata rata 45% yang dikategorikan “sangat positif”. Hasil dari penelitian pengembangan media PowerPoint Amber yaitu dikategorikan sangat layak digunakan dan meningkatkan hasil belajar siswa serta mendapatkan respon yang positif setelah siswa kelas II SDN KARANGPURI 2 menggunakan media PowerPoint Amber pada mata pelajaran matematika materi bilangan cacah sampai 10.000.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIKAP

Publisher

Subject

Education

Description

JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan merupakan Jurnal Pendidikan dan pembelajaran yang dikelola secara proses peer review, menerima Artikel tentang Pendidikan, Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. Jurnal JIKAP PGSD mulai tahun 2019 terbit 3 kali dalam setahun yaitu bulan Januari, Mei dan ...