Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media, mengetahui hasil belajar siswa, serta mengetahui respon siswa setelah menggunakan media pembelajaran PowerPoint Amber. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) menggunakan moddel ADDIE. Hasil validasi media memperoleh skor 95% dikategorikan “sangat layak” dan hasil validasi media memperoleh skor 95% dikategorikan “sangat layak”. Hasil uji validitas instrumen mendapatkan skor pada tiap pernyataan lebih dari 0,413 menunjukkan semua pernyataan valid, uji reabilitas mendapatkan nilai reliabilitas Cronbach’s Alpha 0,727 menunjukkan semua pernyataan reliabel. Sedangkan hasil belajar mendapatkan skor 0,71 dikategorikan “tinggi” menunjukkan ada peningkatan hasil belajar siswa. Untuk respon siswa setelah menggunakan media PowerPoint Amber memperoleh skor dengan rata rata 45% yang dikategorikan “sangat positif”. Hasil dari penelitian pengembangan media PowerPoint Amber yaitu dikategorikan sangat layak digunakan dan meningkatkan hasil belajar siswa serta mendapatkan respon yang positif setelah siswa kelas II SDN KARANGPURI 2 menggunakan media PowerPoint Amber pada mata pelajaran matematika materi bilangan cacah sampai 10.000.
Copyrights © 2024