Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi
Vol. 9 No. 4 (2024): EDISI OKTOBER

STRATEGI OPTIMALISASI MANAJEMEN HUMAS SEBAGAI SUMBER INFORMASI LEMBAGA PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN MODERN NURUSSALAM SIDOGEDE

Qoryah, Sayyidatul (Unknown)
Rosyida, Fatia Ainur (Unknown)
Nur, Muhammad Amin (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2024

Abstract

Masalah humas dalam lingkup pondok pesantren adalah perannya yang dianggap kurang maksimal. Hakikatnya, humas hanya dijadikan sebagai formalitas saja sehingga peran informasi pondok pesantren tidak tersampaikan dengan efektif kepada masyarakat. Menyikapi hal ini, pondok pesantren Nurussalam Sidogede mengimplementasikan beberapa strategi yang optimal sebagai sumber informasi bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi optimalisasi manajemen humas sebagai sumber informasi di Pondok Pesantren Modern Nurussalam Sidogede. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis desain penelitian studi kasus. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan melalui tiga kegiatan seperti wawancara mendalam, observasi non-partisipan, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menerapkan tiga tahapan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi optimalisasi manajemen humas sebagai sumber informasi pondok pesantren Modern Nurussalam Sidogede meliputi (1) pengembangan media sosial, (2) pembuatan kalender, (3) pembuatan brosur PPDB, (4) pendirian unit usaha, (5) pengembangan aplikasi pembayaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Scope of the Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi covers communication management, mass media (TV, Radio, Newspapers), public relations, marketing communications, political communication, organizational communication, cultural communication, online media and ...