Indonesian Journal of Learning and Educational Studies
Vol. 2 No. 2 (2024): Indonesian Journal of Learning and Educational Studies

Implementasi problem-based learning untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan kolaborasi siswa SMP

Puspitasari, Eryan Siwi (Unknown)
Rufaidah, Desy (Unknown)
Astari, Ismi (Unknown)
Nafisah, Hikmatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2024

Abstract

Hasil belajar dan keterampilan kolaborasi merupakan indikator yang digunakan sebagai tolak ukur keberhasilan belajar siswa. Namun, seringkali hasil belajar dan keterampilan kolaborasi siswa masih sulit untuk bisa mencapai capaian pembelajaran yang telah dipersiapkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan kolaborasi siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL). Penelitian tindakan kelas kolaboratif (PTKK) ini bertempat di SMPN 1 Godean dan dilaksanakan dalam dua siklus dengan melibatkan sebanyak 31 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi modul ajar, asesmen diagnostik kognitif dan formatif serta rubrik observasi kolaboratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) dapat meningkatkan skor capaian hasil belajar dari siklus I (64.52%) ke siklus II (87.10%) dengan peningkatan sebesar 22.58% dan capaian keterampilan kolaborasi dari siklus I (70.97%) ke siklus II (87.10%) dengan peningkatan sebesar 16.13%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijles

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Indonesian Journal of Learning and Educational Studies is a multi-disciplinary, peer-refereed, and academic journal creating a forum for the publication of critical research on learning and education studies. This journal is published by Piramida Akademi with the online ISSN 3021-8780. The journal ...