Apostolos: Journal of Theology and Christian Education
Vol. 4 No. 2 (2024): November

Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Komunikasi Bagi Siswa dalam Menjawab Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS)

Pelle, Yetri Yuniati (Unknown)
Ali, Umar (Unknown)
Weny, Nelman A. (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis dan ketrampilan komunikasi bagi siswa dalam menjawab soal higher order thinking skills (HOTS) di Sekolah Menengah Teologi Kristen Rote Timur. Penelitian ini menggunaka penelitian kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 31 orang dan teknik pengumpulan data berupa angket. Hasil penelitian menyatakan bahwa ditemukan hubungan yang positif dan signifikan antara berpikir kritis dan keterampilan Komunikasi bagi siswa dalam menjawab Soal HOTS, ditemukan koefisien korelasi dan koefisien determinasi Berpikir Kritis (X1) terhadap Soal HOTS (Y) sebesar sebesar 0,471 dan 0,222 atau 22,2%. Ditemukan koefisien korelasi dan koefisien determinasi Ketrampilan Komunikasi (X2) terhadap Soal HOTS (Y) sebesar sebesar 0,478 dan 0,229 atau 22,9%. Ditemukan koefisien korelasi dan koefisien determinasi Berpikir Kritis (X1) dan Ketrampilan Komunikasi (X2) terhadap Soal HOTS (Y) sebesar 0,471 dan 0,229 atau 22,9% dan sisanya 71,1% ditentukan oleh variabel-variabel lainnya. Kesimpulan yang diperoleh peneliti yaitu bahwa adanya hubungan variabel X1 danX2 terhadap Y dan hasil analisis menunjukkan Berpikir Kritis dan Ketrampilan Komunikasi memberikan pengaruh yang cukup sehingga mengakibatkan tingkat siswa dalam menjawab Soal HOTS masih kesulitan dalam menjawab soal HOTS dan kurangnya respon siswa dalam jalannya pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

apos

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences Other

Description

Apostolos Journal of Theology and Christian Religious Education invites scholars, researchers, and students to contribute the results of their studies and research in fields related to 1. Contemporary Theology 2. Church History 3. Christian Education a. Childrens Education b. Teenagers Education c. ...