Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah
Vol 5 No 2 (2024): Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah

Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI di SMA Bina Warga 1 Palembang

Saputra, Randa (Unknown)
Safitri, Sani (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2024

Abstract

Hasil belajar siswa sangat dipengaruhi oleh model pembelajaran yang diterapkan pendidik. Satu diantara banyaknya model pembelajaran yang terbukti dapat mengembangkan hasil belajar siswa adalah Problem Based Learning. Penelitian ini bermaksud untuk mengukur efektivitas PBL pada hasil belajar sejarah peserta didik kelas XI 3.2 di SMA Bina Warga 1 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan Kuantitatif. Populasi yang menjadi objek penelitian ini adalah peserta didik kelas Xl 3.2 di SMA Bina Warga 1 Palembang yang berjumlah 20 Orang siswa, dengan rincian 11 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan penelitian adalah kuesioner berbentuk tes. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, penerapan model pembelajaran (PBL) terbukti sangat efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI 3.2 dalam mata pelajaran sejarah, SMA Bina Warga 1 Palembang. Dibuktikan peningkatan nilai rata-rata post-test peserta didik secara signifikan sebesar 80 dari yang awalnya nilai rata-rata pada tahap pretest adalah 41,43.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jips

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah merupakan jurnal ilmiah inovasi dari multidisiplin ilmu yang diteliti di sekolah. Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah diterbitkan oleh Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Semarang dengan ISSN 2774-9363 (Cetak) dan ISSN 2774-9746 (Online). Terbit ...