Evaluasi Pembelajaran merupakan usaha untuk mengukur sejauh mana pemahaman siswa dan mengetahui keefektifan metode pengajaran yang digunakan, serta memberi manfaat bagi guru dalam melakukan perbaikan proses pembelajaran. Namun, dalam penerapannya, evaluasi pembelajaran seringkali tidak berjalan maksimal. Oleh karena itu, tujuan penulisan ini adalah untuk menjelaskan konsep serta inovasi-inovasi evaluasi pembelajaran dalam bidang ilmu komputer. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data studi pustaka (library research). Hasil pembahasan menjelaskan inovasi evaluasi pembelajaran, jenis-jenis alat evaluasi pembelajaran, bagaimana penyusunan alat evaluasi pembelajaran, inovasi evaluasi pembelajaran dalam bidang ilmu komputer, dan pemanfaatan inovasi dalam evaluasi pembelajaran pada bidang ilmu komputer. Inovasi evaluasi pembelajaran dalam bidang ilmu komputer merupakan proses penting untuk menjamin efektivitas dan efisiensi pembelajaran; inovasi ini juga meningkatkan proses evaluasi dan pengukuran pemahaman siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan dalam evaluasi pembelajaran bidang ilmu komputer dengan menjelaskan inovasi-inovasi seperti pemanfaatan Edmodo, Quizizz, Google Form, Kahoot, Plickers, Testmoz, dan ProProfs yang dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran serta mendukung pembelajaran yang holistis dan memperkaya pembelajaran guru dan murid. Dengan menerapkan berbagai metode inovasi evaluasi tersebut, pendidik dalam bidang ilmu komputer dapat memastikan bahwa tujuan pembelajaran tercapai dengan efektif dan efisien.
Copyrights © 2024