J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
Vol 5, No 3 (2024): OKTOBER

ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA DI KELAS V SDN BUGANGAN 01 KOTA SEMARANG

Nurusyifa, Annisa Itsnain (Unknown)
Utami, Rizky Esti (Unknown)
Damayani, Aries Tika (Unknown)
Azizah, Annis Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2024

Abstract

Pendidikan mendasar pada minat baca peserta didik di jenjang Sekolah Dasar. Dari hal tersebut, untuk mengetahui literasi membaca peserta didik di kelas V SDN Bugangan 01, penelitian difokuskan pada hal tersebut dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan literasi membaca tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pengembangan, faktor pendukung dan penghambat literasi membaca. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini penulis menggunakan sumber data dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah sampel peserta didik kelas V dan wali kelas V sebagai informan penelitian. Dengan itu, peneliti melakukan analisis kemampuan literasi membaca dari peserta didik di jenjang Sekolah Dasar sebagai evaluasi pembelajaran peserta didik sejak dini. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terkait kemampuan literasi membaca di kelas V SDN Bugangan 01 dapat disimpulkan sebagian besar peserta didik mampu membacadengan senang, antusias dan memanfaatkan dengan baik dengan hasil tes kemampuan persentase 65% dalam kategori baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

J-KIP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) merupakan jurnal untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam bidang Pendidikan. Terbit secara berkala satu tahun tiga kali yakni pada bulan Februari, Juni dan Oktober. J-KIP dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh dan ...