Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya bahan ajar yang mampu meningkatkan keaktifan dan kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan e-modul berbasis problem based learning mata pelajaran informatika yang valid, praktis dan efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluate). Subjek penelitian ini terdiri dari dua macam yaitu responden ahli dan responden pengguna. Data yang dikumpulkan dalam bentuk data kuantitatif dan kualitatif, dengan instrumen angket digunakan untuk validasi para ahli dan uji kepraktisan. Instrumen tes digunakan untuk pretest dan posttest siswa dengan teknik analisis statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian yang diperoleh yaitu; E-Modul berbasis problem based learning mata pelajaran informatika berhasil dikembangkan melalui tahapan ADDIE. E-Modul dinyatakan valid dengan hasil review ahli isi pembelajaran sebesar 92% (sangat baik), ahli media pembelajaran sebesar 91% (sangat baik), dan ahli desain pembelajaran sebesar 93% (sangat baik). E-Modul dinyatakan praktis dengan hasil review sebesar 96.5% (sangat baik). Uji keefektifan dilakukan dengan mengukur hasil uji-t dengan taraf signifikansi α = 0.05, diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05. Dengan demikian, terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah diterapkan e-modul. Dapat disimpulkan bahwa, inovasi e-modul berbasis problem based learning mata pelajaran informatika valid, praktis dan efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Implikasi penelitian ini adalah pemanfaatan media pembelajaran sebagai penunjang proses pembelajaran tidak hanya selalu terpaku pada penggunaan buku saja.
Copyrights © 2024