Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan program psikoedukasi tentang literasi kesehatan mental bagi siswa Generasi Z di SMA Negeri 11 Yogyakarta. Generasi Z, yang tumbuh di era digital, seringkali menghadapi tantangan psikologis seperti tekanan akademik, stres, dan paparan media sosial yang dapat berdampak pada kesehatan mental mereka. Program psikoedukasi ini dirancang untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang pentingnya menjaga kesehatan mental, mengenali gejala awal gangguan mental, serta memberikan keterampilan dasar dalam mengelola stres dan emosi. Pengabdian menggunakan metode eksperimen kuasi dengan desain pre-test dan post-test. Sebanyak 59 siswa dari kelas XI dipilih sebagai partisipan, dan mereka diberikan intervensi berupa serangkaian materi dan kegiatan yang melibatkan diskusi, simulasi, dan praktik keterampilan psikologis. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam tingkat literasi kesehatan mental pada siswa setelah mengikuti program psikoedukasi, yang terlihat dari peningkatan skor post-test dibandingkan pre-test. Program ini diharapkan dapat menjadi model intervensi yang dapat diterapkan di sekolah-sekolah lain untuk meningkatkan kesadaran kesehatan mental di kalangan remaja, sehingga mereka dapat lebih proaktif dalam menjaga kesejahteraan psikologis mereka.
Copyrights © 2024