Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini
Vol 11, No 2 (2024)

Pengaruh Media Gambar Seri Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun

Putri, Tharisa Aurelia (Unknown)
-, Herman (Unknown)
-, Herlina (Unknown)
Wahyuni, Andi Asti Sri (Unknown)
Dzulfadhilah, Fitriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2024

Abstract

Salah satu aspek perkembangan anak agar dapat diketahui keberhasilan belajarnya adalah aspek bahasa. Aspek bahasa meliputi kemampuan membaca permulaan anak. Tujuan dari penelitian yang telah dilakukan adalah untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Nusa Makassar setelah menggunakan media gambar seri. Media Gambar Seri yang digunakan yaitu media yang memuat gambar seri yang menceritakan satu peristiwa/cerita dan dikaitkan dengan tema pembelajaran. Setiap gambar seri memiliki kosa kata yang dapat dipelajari oleh anak. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan jenis non-equivalent group design. Berdasarkan hasil analisis statistik deksriptif dan non parametrik dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan bahwa tingkat signifikansi (2-tailed) sebesar 0,002 kurang dari 0,05, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Hasil analisis menunjukkan bahwa Media Gambar Seri memiliki pengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Nusa, Makassar. Maka, media gambar seri ini dapat digunakan sebagai media alternatif untuk meningkatkan aspek bahasa pada lingkup kemampuan membaca permulaan anak.

Copyrights © 2024