Latar Belakang: Kepuasan pasien sangat penting untuk memastikan layanan rawat jalan di rumah sakit memberikan kualitas terbaik. Mutu pelayanan kesehatan merupakan tolok ukur keberhasilan dalam mengukur kesempurnaan pelayanan kesehatan. Rumah sakit menawarkan berbagai layanan, termasuk rawat jalan, di mana pasien dapat memperoleh diagnosis dan memulai rehabilitasi tanpa harus dirawat inap. Tujuan: Tujuan studi literatur ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh mutu pelayanan rumah sakit terhadap kepuasan pasien rawat jalan. Metode: Metode yang digunakan adalah narrative literature review terhadap artikel jurnal dalam 5 tahun terakhir, yaitu antara tahun 2018 sampai 2023. Sumber artikel berasal dari jurnal nasional dan internasional yang diperoleh dari database Google Scholar dan PubMed, dengan kata kunci: kepuasan pasien, mutu pelayanan kesehatan, dan rawat jalan rumah sakit. Artikel kemudian disaring berdasarkan kriteria tertentu. Hasil: Telaah terhadap 8 jurnal menunjukkan bahwa terdapat beberapa indikator kualitas pelayanan yang berhubungan dengan kepuasan pasien, yaitu keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik. Kesimpulan: hasil analisis jurnal dapat disimpulkan bahwa kepuasan pasien rawat jalan dipengaruhi oleh kualitas pelayanan rumah sakit. Semakin baik mutu pelayanan, semakin baik pula respon pasien terhadap pelayanan rumah sakit. Salah satu dampak positifnya adalah loyalitas pasien yang meningkat, sehingga mereka cenderung kembali untuk berobat ke rumah sakit.
Copyrights © 2024