Latar Belakang: Rumah sakit memiliki peran krusial dalam menyediakan layanan trauma center bagi pasien yang mengalami trauma atau kecelakaan kerja. Untuk meningkatkan kepuasan pasien, loyalitas, dan kualitas layanan, manajemen pemasaran rumah sakit perlu memahami faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam memilih layanan rumah sakit. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan layanan di rumah sakit berdasarkan tinjauan literatur. Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah scoping review dengan mengumpulkan artikel dari database Google Scholar dan portal Garuda. Artikel yang digunakan adalah publikasi dari tahun 2014 hingga 2023. Setelah dilakukan screening, berhasil dikumpulkan 12 artikel yang relevan. Hasil: Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan layanan kesehatan di rumah sakit mencakup variabel produk, tempat, bukti fisik, tarif, promosi, layanan, dan proses. Rumah sakit perlu meningkatkan pelayanan medis dan penunjang, memperbaharui strategi harga, serta meningkatkan promosi melalui media sosial, papan nama, banner, brosur, dan poster. Kesimpulan: Untuk meningkatkan kepuasan pasien, rumah sakit perlu memperhatikan faktor-faktor tersebut dan membuat perbaikan dalam pelayanan serta promosi agar lebih menarik bagi konsumen
Copyrights © 2024