Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 9 No. 2 (2023): April-June

Strategi Guru Dalam Motivasi Belajar PPKn Siswa SD

Mufatikhah, Nurul (Unknown)
Rondli, Wawan Shokib (Unknown)
Santoso (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2023

Abstract

Motivasi merupakan aspek penting yang harus dimiliki siswa dalam mengiktuti pembelajaran. Tanpa adanya motivasi, sangat sulit bagi siswa mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam memberikan motivasi belajar PPKn siswa serta faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam memberikan motivasi belajar PPKn siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah 4 siswa kelas IV dan 1 guru wali kelas IV SDN 2 Dorang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh guru dalam memberikan motivasi belajar PPKn pada siswa sudah tersusun dengan baik, bahkan memiliki pengaruh positif terhadap siswa yang awalnya belum memiliki semangat belajar menjadi semangat dalam belajar bahkan suasana kelas menjadi lebih menyenangkan dan kondusif. Dalam proses belajar mengajar guru juga memberikan motivasi pada siswa berupa nilai, pujian, hadiah, dan mengetahui hasil. Dengan memberikan motivasi tersebut yang menjadikan siswa menjadi lebih semangat belajar PPKn.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...