Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 10 No. 4 (2024)

Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar

Ghifariani, Kinanti Nur (Unknown)
Mahyudi, Johan (Unknown)
Astria, Fitri Puji (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video animasi terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas IV SDN 44 Cakranegara. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan tipe non-equivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah selurul siswa kelas IV SDN 44 Cakranegara yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas IV-A dengan jumlah peserta didik 23 sebagai kelas kontrol dan kelas IV-B dengan jumlah peserta didik 25 sebagai kelas eksperimen. Kemampuan literasi sains yang diidentifikasi dalam penelitian ini meliputi aspek pengetahuan dan aspek konteks. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes berupa soal uraian sebanyak 10 soal (pretest dan posttest). Data yang didapatkan dianalisis dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan uji Shapiro-Wilk dengan taraf signifikasi 5% (0,05) kemudian dilanjutkan dengan uji homogenitas dilakukan dengan menggunakan uji Homogenity of Variance. Selanjutnya uji hipotesis dengan menggunakan uji independent sample t-test. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa kemampuan literasi sains dengan uji hipotesis pada taraf signifikasi 5% menunjukkan t hitung = 10,261 > t tabel = 1,679 dan diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media video animasi terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas IV SDN 44 Cakranegara.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...